Kegiatan Sosialisasi Sinode Para Uskup 2023 di Paroki St. Padre Pio Helvetia

Kegiatan Sosialisasi Sinode para Uskup 2023 dan Pelatihan Fasilitator tingkat Paroki St. Padre Pio dilaksanakan pada hari Minggu 06 Februari 2022 mulai pkl. 17.30 hingga pkl. 21.00. Peserta adalah para Fasilitator beserta KDS dan Sekretaris stasi yang berjumlah -/+ 200 orang. Narasumber adalah TKSPUP antara lain P. Fiorentius Sipayung OFMCap selaku pastor paroki serta bapak Darwin Manalu sebagai Ketua Pelaksana


Dalam sinode 2023 Paus Fransiskus memutuskan untuk melibatkan seluruh Gereja. Demi mewujudkan tujuan tersebut, Paus memberikan peran yang lebih besar kepada setiap komunitas lokal, yang dianggap sebagai tahap konsultatif dalam proses panjang sebuah sinode para uskup. hal ini sudah mulai jelas pada permulaan pontifikatnya dan semakin jelas digariskan dan diatur dalam Konstitusi Apostolik ‘Episcopalis Communio’ yang dikeluarkan pada tahun 2018. dengan konstitusi Apostolik ini Paus mengubah Sinode dari sebuah peristiwa menjadi sebuah proses. Jika sebelumnya sinode hanya mencakup perayaan saja, kini setiap pertemuan sinodal berlangsung dalam tiga tahap yang berurutan: tahap persiapan, tahap perayaan, dan tahap implementasi.

Perubahan ini menjadikan sinode bukan lagi sebuah ‘proses linear’ dan ‘top-down’ tetapi merupakan sebuah perjalanan melingkar dan dimulai dari bawah atau dari akar rumput. sinode berangkat dari Stasi/Paroki di Keuskupan (tahap lokal) dan dilanjutkan ke tahap nasional, dan kontinental. semua ini dilihat sebagai tahap persiapan, kemudian sinode dirayakan pada tahap Gereja Universal, dilanjutkan atau kembali pada Gereja Lokal untuk tahap implementasi dari keputusan-keputusan yang diambil. (sumber:Panduan Sinode Para Uskup 2023 di KAM, hal.9)

Kegiatan ini berjalan dengan baik, dan diharapkan dapat terealisasi dengan baik di setiap umat. dengan semangat persekutuan, pastisipasi dan misi, kiranya konsultasi umat Allah di Keuskupan Agung Medan dapat terlaksana dengan baik dan lancar. untuk itu, komunikasi, koordinasi dan kerjasama semua pihak terkait sangat dibutuhkan.

-Mari Kita berjalan bersama – Gereja Sinodal-

Berikut Dokumentasi Kegiatan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)