Mengenal dan Bersatu dengan Yesus

Yoh 15:4-10

Pesta St. Klara Assisi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, “mengenal” didefinsikan sebagai mengetahui; kenal (akan); tahu (akan) dan mempunyai rasa. Menurut definisi ini mengenal itu mengandung unsur pengetahuan dan rasa. Jadi, secara konseptual mengenal berarti mempelajari untuk mengetahui, memperoleh pengetahuan dari pengamatan, mengerti, memahami dalam arti kenal.

Dalam konteks mengenal Allah dalam diri Yesus Kristus, unsur yang dibutuhkan tidaklah hanya sekadar mempunyai pengetahuan intelektual tentang Dia; melainkan juga mesti mempunyai hubungan pribadi yang intim dengan Dia, sama seperti hubungan yang paling dekat dan mesra dalam hidup. Relasi keintiman ini dihubungkan dengan gagasan hidup yang kekal yang adalah Allah sendiri dengan lebih menekankan kualitas kehidupan daripada lamanya kehidupan. Oleh karena itu kualitas kehidupan yang dibawakan oleh Yesus Kristus yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan Allah mesti ditaati dan dihidupi oleh umat beriman.

Pengenalan akan Kristus diartikan dengan percaya bahwa Yesus Kristus sebagai Tuhan dan menyambut Dia dalam kehidupan mereka. Penerimaan Yesus dalam kehidupan melibatkan sikap tunduk pada aturan kebenaran-Nya dan menanggapi panggilan-Nya dengan standar dan nilai yang berbeda dari apa yang mereka miliki sebelumnya.

Relasi antara Kristus dengan orang-orang percaya bagaikan pokok anggur dan ranting-rantingnya (Yoh 15:1-11). Jauh dari pokok anggur, ranting-ranting akan kehilangan sumber kehidupan dan menjadi layu lalu mati. Hanya dengan terus hidup di hadapan Tuhan, membaca firman-Nya dan memiliki hubungan yang tepat dengan-Nya, kita dapat diberi air dan diberi makan oleh Roh Kudus dan menghasilkan buah kehidupan.

Persatuan dengan Kristus tidak dapat terjadi apabila orang percaya hanya berfokus kepada sifat lama. Hal yang terpenting adalah sifat baru yang telah diberikan oleh Allah hanya terjadi di dalam Dia yang memberi kekudusan kepada orang percaya. Akhirnya, persatuan dengan Kristus menjadi dasar dari semua pengalaman rohani yang diberikan kepada orang beriman. Orang percaya mendapatkan berkat rohani yang disediakan Allah baginya.

Oleh : Diakon Rico Tamsil Simbolon,OFMCap

One thought on “Mengenal dan Bersatu dengan Yesus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)