Mengenal dan Mencintai Allah lewat Malaikat Agung Mikhael, Gabriel dan Raphael

Tuhan mengenal dan mencintai umat-Nya (kegembiraan, kekuatan dan kelemahan, keberhasilan dan kegagalan, iman, niat, kebutuhan, harapan dan impian). Pengenalan Yesus atas Natanael membuatnya terkejut dan menyebut Natanael sebagai Israel sejati yang tidak memiliki kepalsuan di dalamnya.

Tuhan memiliki banyak cara untuk menunjukkan pengenalan-Nya kepada umat-Nya dengan kepedulian-Nya yang penuh kasih, salah satunya melalui para malaikat. Tuhan telah mengirim malaikat untuk campur tangan dalam kehidupan manusia ketika mereka membutuhkan perlindungan dalam perjalanan ke surga.

Malaikat Agung: Mikhael, Gabriel, dan Raphael adalah tiga malaikat Tuhan yang kita pestakan hari ini.

Mikhael biasanya digambarkan sebagai pemuda, kuat, berpakaian baju besi, dan memakai sandal. Catatan alkitabiah tentang Mikhael menampilkan dia sebagai seorang pemimpin yang perkasa membawa keadilan dan kekuatan. Kitab Daniel menggambarkan dia sebagai seorang pangeran surgawi yang menjaga umat Tuhan, membantu orang Israel kembali dari pembuangan Persia.

Mikhael, yang artinya, “Siapa yang seperti Tuhan?” adalah pejuang utama dalam pertempuran melawan Lucifer, atau Setan, seperti yang diceritakan di dalam Kitab Wahyu. Orang-orang Kristen awal abad kedua mengambil keberanian dari kisah-kisah ini. Mereka percaya bahwa perantaraan Michael ampuh dalam menyelamatkan jiwa-jiwa dari neraka. Pada abad keempat, Kaisar Konstantin membangun gereja untuk menghormati Mikhael.

Gabriel paling sering menunjukkan bahwa dia mengkomunikasikan pesan Tuhan. Dalam Alkitab dia digambarkan dalam tiga peristiwa sebagai pembawa pesan. Di bagian pertama dia menjelaskan kepada Daniel sebuah penglihatan yang dia miliki tentang Mesias. Di lain waktu Gabriel datang ke Zakharia, yang sedang membakar dupa di bait ALlah, dan memberi tahu dia bahwa Yohanes Pembaptis akan lahir. Tetapi kebanyakan orang mengasosiasikan Gabriel dengan Kabar Sukacita dan pesannya kepada Maria tentang kelahiran Yesus. Nama Gabriel berarti “Kekuatan Tuhan” atau “Pahlawan Tuhan”

Raphael digambarkan sebagai teman seperjalanan seorang pemuda Tobiah, yang sedang membawa ikan! Keluarga Tobit memuji keberhasilan perjalanan dan kesembuhan atas kehadiran Raphael. Ketika mereka menawarkan Raphael hadiah, dia mengumumkan siapa dia “Aku Raphael, salah satu dari tujuh malaikat yang berdiri siap dan masuk di hadapan kemuliaan Tuhan” (Tobit 12: 15). Karena melalui Raphael itulah Tobit disembuhkan dari kebutaannya, nama malaikat itu berarti, “Tuhan yang menyembuhkan” atau “Tuhan telah menyembuhkan.”

Kehadiran Tuhan menyata dalam perjalanan hidup kita. Lewat bantuan malaikat-Nya, Dia mengajak kita untuk semakin dekat dan mengenal siapa Allah itu dalam diri Yesus Kristus. Sudahkah aku menyadari Tuhan hadir dalam kehidupanku? Dan lagi, apakah aku telah  mengenal dan mencintai imanku akan Yesus Kristus?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)