Pendalaman Poster APP 2022 di Lingkungan Paroki St. Padre Pio – Helvetia Medan

Pendalaman poster APP di lingkungan pada masa Prapaska adalah momen yang ditunggu dan dirindukan umat di KAM ini. Sebab ini menjadi salah satu ciri khas gereja di KAM dalam memaknai persiapan Paska. Ada cerita dan cita di dalamnya yang terpadu atas lima pilar gereja (koinonia, kerigma, liturgia, diakonia dan martyria).

Bahan pendalaman APP 2022 yang dikeluarkan oleh PSE KAM disesuaikan dengan focus pastoral yakni: Keluarga sumber panggilan. Tema dibagi dengan lima pertemuan selama masa Prapaska, yaitu:

  1. Hidup Doa Keluarga dan Panggilan
  2. Hidup Keluarga Rukun dan Panggilan
  3. Keluarga Memasyarakat dan Panggilan
  4. Keluarga Sejahtera dan Panggilan
  5. Keluarga Terpanggil

Dalam pekan Prapaska IV, lingkungan-lingkungan yang ada (78 lingkungan) di Paroki St. Padre Pio ini sebagian besar telah mendalami Poster IV APP. Bahkan beberapa lingkungan telah menyelesaikan pendalaman APP itu. Sejauh pengamatan kami, sebagaimana terlihat dalam WA group pengurus stasi yang di share oleh pengurus lingkungan, bahwa pendalaman APP di tiap lingkungan berjalan dengan baik. Umat cukup antusias datang berdoa lingkungan, “DoLing” (DoLing = sapaan yang biasa diucapkan umat untuk merayakan imannya dengan ibadat di lingkungan). Dengan adanya pendalaman APP ini, kegiatan di lingkungan semakin diaktifkan mengingat masa pandemic yang sedang melanda membuat kegiatan-kegiatan menggereja dibatasi bahkan menjadi vakum.

Pada 2021, pendalaman APP di Paroki St. Padre Pio ini tetap juga dijalankan dengan mengadakan pertemuan langsung secara tatap muka (gereja, aula atau Gedung bina iman) maupun lewat daring, ZOOM. Pada 2022 ini, ibadat pendalaman APP dilaksanakan secara tatap muka, ada yang di rumah umat sebagaimana biasanya dalam doa lingkungan, ada yang mengadakan di gereja, di aula bahkan menggunakan ruangan kelas di sekolah (tentu sudah ada ijin dari kepala sekolah).

Pembagian celengan APP di Lingk. St. Anna – Helvetia
Lingk. St. Thomas – Sei Sikambing dalam Pendalaman APP di ruang kelas.
MaMiRi (Makan Minum Ringan) bersama umat Lingk. St. FIlipus Stasi St. Clara, usai pendalaman APP.

Yang membuat semakin menarik dalam pendalaman APP ini adalah pastor dan suster ikut berpartisipasi dalam melancarkan pendalaman APP ini. Hal ini semakin menyadarkan peran imam dan biarawan-ti dalam keterlibatan hidup menggereja bersama umat (lihat IK 3 dan 4 atas fokus pastoral 2022) seraya juga sebagai teman perjalanan untuk mewujudkan gereja sinodal dalam persekutuan, partisipasi dan misi, sebagaimana diserukan oleh sinode para uskup 2023.

Pastor Paroki St. Padre Pio, P. Fiorentius Sipayung, OFM Cap membawakan pendalaman APP dan dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi bersama umat di Lingk. St. Lusia – Purwodadi.
Sr. Esdi Silaen, DSA bersama umat lingkungan St. Yosef Purwodadi.
P. Frans Zai, OFM Cap. memandu pendalaman APP di Lingk. St. Yosef Calasanz-Sukadono.

Dalam pendalaman APP itu tetap diingatkan kepada umat untuk tetap menjaga ProKes dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak, sehingga kegiatan menggereja di lingkungan dapat berjalan dan dianimasi dengan baik sekalipun masih dalam situasi pandemic. Semoga melalui pendalaman APP 2022 ini, umat semakin mampu menghayati dan merayakan imannya lewat doa di tengah keluarga, berbuah dalam internal keluarga untuk menciptakan kerukunan dan damai lewat suasana akrab dengan mau berbagi cerita di dalam keluarga, memupuk kerjasama dan kebersamaan dengan masyarakat dengan peduli dan berbagi kepada yang berkekurangan sebagai aktualisasi dari kesejahteran. Pada akhirnya lahirlah benih panggilan dari anggota keluarga untuk menjadi imam dan biarawan-ti.

Umat Lingk. St. Mikhael – Cinta Damai Pendalaman APP di pendopo gereja.
Lingk. St. Stefanus – Jatiyoso pendalaman APP di gereja Stasi St. Krispinus Viterbo – Jatiyoso.

Allah senantiasa menyapa dan memanggil umat-Nya tanpa terkecuali untuk menjadi abdi dan pelayan bekerja di ladang-Nya. Sungguhkah aku telah mendengar sapaan dan panggilan Tuhan itu? Mari membuka hati dan memberi diri atas panggilan Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)