PENGHARAPAN DITENGAH KETAKUTAN

Kis 6:1-7, Yoh 6:16-21

Dalam Kisah Para Rasul diceritakan munculnya persoalan di tengah komunitas Kristen perdana itu. Waktu itu para rasul masih hidup. Inti persoalan adalah adanya perbedaan pelayanan di antara orang kristen Yahudi dengan Yunani. Namun persoalan itu bisa diselesaikan secara baik dengan memilih 7 orang pelayan: Stefanus, Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas, dan Nikolaus. Tujuh orang itu akan mengerjakan pelayanan yang sempat terlalaikan karena tuntutan pelayanan pula. Dengan teratasinya persoalan itu, situasi umat tetap kondusif dan memberikan kesaksian yang bagus walau ada persoalan. Bahkan, jumlah orang beriman semakin bertambah.

Injil Yohanes hari ini menceritakan juga adanya masalah pada para rasul yakni bahwa Yesus belum hadir saat mereka mendayung perahunya sejauh 3 mil. Saat Yesus hadir dengan berjalan di atas air, malah mereka ketakutan. Kehadiran Yesus menenangkan situasi. Persoalan di tengah jemaat akan selalu muncul. Persoalan itu kiranya ditangani dengan baik dalam iman kepada Yesus Kristus sehingga menyelesaikan masalah. Penanganan yang baik menjadi kesaksian kepada orang lain. Ini bisa menjadi warta yang baik bagi orang lain sehingga terdorong untuk ikut bergabung. Kekuatan kesatuan itu diuji di saat terjadinya persoalan.

Semoga persoalan-persoalan di tengah jemaat bisa lebih merekatkan tali persaudaraan dan kesatuan sebagai pengikut Yesus Kristus.

Salam Sehat, P. Fiorentius Sipayung,OFMCap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)