Variasi Pendalaman BKSN 2021 di Paroki St. Padre Pio Medan

Bulan September adalah Bulan Kitab Suci Nasional. Dalam BKSN 2021, tema yang direnungkan adalah “Memperjuangkan Kesejahteraan dalam Situasi Sulit Seturut Kitab Suci”. Bahan ini disusun oleh Komisi Kerasulan Kitab Suci Keuskupan Agung Medan. Paroki Padre Pio Medan menganimasi pendalaman BKSN ini di ketujuh stasi dengan bervariasi seturut keadaan umat di tengah masa PPKM oleh karena Pandemi Covid – 19 yang sedang terjadi.

Paroki sangat menghargai antusiasme umat dengan segala kreatifitasnya dalam merayakan imannya untuk pendalaman BKSN ini. Seturut pengamatan Paroki melalui Seksi KKS Paroki Padre Pio, bahwa pendalaman BKSN 2021 sebagian besar terlaksana dengan baik. Beberapa lingkungan di stasi menjalankan sebagian lagi tidak menjalankan. Dalam pelaksanaannya, pengurus lingkungan mencoba melaksanakan secara daring, lewat aplikasi ZOOM baik untuk stasi maupun untuk lingkungan, ada juga yang melaksanakan secara tatap muka yang diadakan di rumah, di Gedung Bina Iman dan Gereja. Meskipun kehadiran umat di lingkungan tidak seperti biasanya, namun satu yang pantas diacungkan jempol adalah bahwa para pengurus berjuang untuk menganimasi kehadiran umat dalam doa lingkungan.

a. Stasi St. Krispinus Viterbo – Jatiyoso

Pengurus Stasi ini mencoba menganimasi pendalaman BKSN 2021 dengan 2 langkah. Awalnya pertemuan diadakan  secara zoom. Oleh karena situasi Medan menurun ke level 3, pendalaman selanjutnya dilakukan secara tatap muka di gereja.

Stasi St. Krispinus Viterbo Jatiyoso Pendalaman BKSN 2021 di Gereja
Stasi St. Krispinus Viterbo – Jatiyoso Pendalaman BKSN 2021 lewat ZOOM

b. Stasi St. Clara

Di stasi ini juga, pendalaman BKSN dilakukan secara tatap muka di lingkungan.

Pendalaman BKSN 2021 di lingkungan St. Philippus – Stasi St. Clara.

c. Stasi St. Petrus – Purwodadi

Meskipun kunci gereja saat itu tidak nampak, namun umat tetap melakukan doa lingkungan pendalaman BKSN sekalipun itu di teras Gereja.

Pendalaman BKSN 2021 Lingkungan St. Yosef – Stasi Purwodadi

d. Stasi St. Paulus – Helvetia

Pendalaman BKSN 2021 di stasi ini cukup menarik dengan mengoptimalkan ruangan-ruangan yang ada di dalam Gereja, gedung bina iman termasuk ruangan pengurus gereja. Para pengurus Gereja menyusun jadwal pemakaian ruangan untuk mengadakan doa lingkungan.

e. Stasi St. Yosef – Sei Sikambing

Pendalaman BKSN di Stasi ini cukup menarik dan bervariasi. Ada lingkungan yang melakukan secara ZOOM, ada juga secara tatap muka di rumah maupun di gedung bina iman gereja.

Pendalaman BKSN 2021 Secara zoom. Lingkungan St. Thomas – Stasi Sei Sikambing
Pendalaman BKSN 2021 dilaksanakan di gedung bina iman oleh Lingkungan St. Andreas – Stasi Sei Sikambing
Pendalaman BKSN 2021 oleh Lingkungan St. Yohanes – Stasi Sei Sikambing.

f. Stasi St. Yakobus – Sukadono

Di tengah pembangunan gereja, umat di stasi ini tetap menggalakkan pendalaman BKSN 2021. Pendalaman di lakukan di lingkungan yakni di rumah umat.

Lingkungan St. Fransiskus Stasi St. Yakobus Sukadono dalam Pendalaman BKSN 2021

g. Stasi St. Maria Ratu Rosari – Cinta Damai

Di stasi ini, pendalaman BKSN 2021 sebagian kecil lingkungan mengadakan secara ZOOM.

Pendalaman BKSN oleh Lingkungan St. Lusia – Stasi St. Maria Cinta Damai

Perwujudan pelaksanaan BKSN 2021 ini sekaligus juga mengaktifkan kegiatan doa di lingkungan-lingkungan. St. Hieronimus menulis “tidak mengenal Kitab Suci artinya tidak mengenal Yesus Kristus”. Hal ini mengetengahkan bahwa meskipun BKSN telah selesai bukan berarti selesai sudah membaca atau mendalami Kitab Suci. Namun, umat tetap diajak untuk setiap hari atau meluangkan waktu sejenak untuk membaca termasuk merenungkan Kitab Suci, sehingga pengenalan akan Yesus Kristus itu tetap berjalan.  Pace e Bene !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)